x
Sunday, November 16, 2014

TRIK Memilih Dosen Pembimbing Skripsi Agar Skripsi Mudah dan Cepat

Saya akan membuka TRIK Memilih Dosen Pembimbing Skripsi Agar Skripsi Mudah dan Cepat - Dosen pembimbing ini perannya sangat vital karena nasib skripsi Anda seolah-olah berada di tangannya.


Model Dosen Pembimbing Skripsi

Memang benar bahwa dosen pembimbing skripsi bertugas mendampingi Anda selama penulisan skripsi. Akan tetapi, pada prakteknya ada dosen pembimbing yang "benar-benar membimbing" skripsi Anda dengan intens. Ada pula yang membimbing Anda dengan "melepas" dan memberi Anda kebebasan.

Mempelajari dan menyesuaikan diri dengan dosen pembimbing adalah trik dasar tetapi penting yang mendukung kesuksesan Anda dalam menyusun skripsi.

Tiap universitas/fakultas mempunyai kebijakan tersendiri soal dosen pembimbing ini. Anda bisa memilih sendiri dosen pembimbing yang Anda inginkan. Tapi ada juga universitas/fakultas yang memilihkan dosen pembimbing buat Anda. Tentu saja lebih "enak" kalau Anda bisa memilih sendiri dosen pembimbing untuk skripsi Anda.

TRIK Memilih Dosen Pembimbing Skripsi

Lalu, bagaimana memilih dosen pembimbing yang benar-benar tepat? Secara garis besar, dosen bisa dikategorikan sebagai:
  1. Dosen senior, dan 
  2. Dosen junior. Dosen senior umumnya berusia di atas 40-an tahun, setidaknya bergelar doktor (atau professor), dengan jam terbang yang cukup tinggi. 
Sebaliknya, dosen junior biasanya berusia di bawah 40 tahun, umumnya masih bergelar master, dan masih gampang dijumpai di lingkungan kampus. Tentu saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh, kalau Anda memilih dosen pembimbing senior, biasanya Anda akan mengalami kesulitan sebagai berikut:
  • Proses bimbingan cukup sulit, karena umumnya dosen senior sangat perfeksionis.
  • Anda akan kesulitan untuk bertemu muka karena umumnya dosen senior memiliki jam terbang tinggi dan jadwal yang sangat padat.
Cara memilih dosen pembimbing, berdasarkan pengalaman saya sangat mudah... Tidak perduli apakah dia senior atau junior, yang penting dia adalah dosen yang perangainya baik.

Carilah dosen yang dikenal mahasiswa sebagai dosen baik. Inilah dosen yang sebenarnya berkualitas. Meskipun senior mereka hati dan fikirannya terbuka untuk kemajuan dan kelancaran mahasiswa. Jangan kawatir karena dosen semacam ini selalu ada di kampus manapun.

Yang terpenting lagi adalah Anda harus giat dan menunjukkan kesungguhan untuk menyelesaikan skripsi secepat mungkin. Gunakan jurus kumpulan skripsi seperti yang disediakan oleh SkripsiBAGUS.com agar Anda memiliki materi yang cukup dan tidak mengecewakan dosen Anda.

Dengan memiliki kumpulan skripsi lengkap sebagai bahan referensi, maka anda akan bisa mengerjakan skripsi dengan cepat dan sempurna. Pak dosen pun menilai positif usaha keras Anda.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: