x
Thursday, May 8, 2014

Kanguru Pemakan Daging Halal Dikonsumsi

Kanguru Pemakan Daging Halal Dikonsumsi - Masih terdapat perbedaan persepsi tentang daging kangguru halal atau tidak untuk dikonsumsi. Ada pihak menyebutkan daging kangguru halal dikonsumsi karena termasuk dalam hewan pemakan rumput, tapi ada juga golongan yang menyebutkan termasuk hewan pemakan daging. Sampai sekarang masih dalam kajian dan perdebatan.

Daging kanguru banyak dijual di dalam negeri maupun diekspor ke banyak negara, termasuk Turki. Direktorat Jenderal Urusan Agama Turki (Diyanet) pun telah mengeluarkan fatwa halal untuk daging hewan asli Australia ini.



"Para cendekiawan muslim sepakat bahwa binatang halal yang disebut dalam Alquran maupun hadis adalah hewan yang tak memakan kotoran maupun bangkai. Juga tidak liar maupun buas," ujar Komite Tinggi Urusan Agama Diyanet.

Kanguru dikelompokkan dalam hewan pemakan rumput yang bersih, seperti rusa, gazelle, dan antelope. Seperti ditulis BBC (29/06/2013), daging kanguru diklaim rendah lemak jenuh, tinggi zat besi dan protein, cukup empuk, serta lebih ramah lingkungan dibanding daging sapi.

Selain kanguru, belalang juga digolongkan halal karena ada ketentuan khusus dalam sunah. Namun, Diyanet menyebut bahwa jenis berang-berang dan musang seperti badger, marten, weasel, beaver, dan sea otter tak boleh dimakan oleh muslim.

Walau terdapat perbedaan pandangan antara cendekiawan muslim terkait hal ini, Diyanet berpendapat bahwa daging hewan tersebut dilarang dikonsumsi muslim karena tergolong hewan liar dan pemakan daging.

Demikian tadi uraian alasan dan penjelasan dari beberapa cedekiawan muslim mengenai daging Kanguru Pemakan Daging Halal Dikonsumsi. Namun semua kembali lagi pada keyakinan masing-masing, atau lebih aman lagi menghindari mengkonsumsi daging tersebut, sebelum jelas hukumnya toh masih banyak pilihan daging lain yang jelas halal harammnya.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: