x
Wednesday, May 28, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DIAGRAM PADA SISWA

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DIAGRAM MELALUI PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA OVERHEAD TRANSPARANS PADA SISWA KELAS VII A . Berikut ini adalah beberapa sub bab seperti tujuan penelitian, desain penelitian dan lainnya yang ada dalam skripsi ini. Silahkan disimak.

Bagi teman-teman yang membutuhkan ide penulisan atau judul skripsi, judul ini bisa digunakan sebagai alternatif skripsi temen-temen. Ini saya dapat dari skripsimsword.com . Saya mendapatkan banyak pilihan di skripsimsword.com, mungkin temen-temen bisa beli disana, karena pengalaman saya beli disana menguntungkan untuk pembuatan skripsi, jadi lebih cepat, yang penting lagi website ini dapat dipercaya, pasti dikirim, sudah dikenal di kalangan mahasiswa . Ini cuma saran ya daripada harus cari-cari lagi, tambah susah dan habiskan waktu. Kita kembali lagi ke artikel skripsi ini ...




Tujuan penelitian
Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.
  1. Mendeskripsikan peningkatan membaca diagram siswa kelas VII A SMP Negeri 1 setelah diterapkannya pembelajaran melalui pendekatan PAKEM dengan media overhead transparans?
  2. Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII A SMP Negeri setelah diterapkannya pembelajaran melalui pendekatan PAKEM dengan media overhead transparans?
Desain Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, artinya bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat  memperbaikai dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara professional. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam bentuk proses berdaur yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca diagram siswa dalam tindakan awal penelitian dan sekaligus dipakai sebagai refleksi untuk melakukan siklus II. Sedangkan siklus II bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca diagram setelah dilakukan perbaikan-perbaikan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar.

Proses Tindakan Siklus I
Siklus I terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Perencanaan
Pada tahap perencanaan siklus I dilakukan persiapan pembelajaran membaca diagram dengan
  1. Membuat rencana pembelajaran terlebih dahulu, karena pembuatan rencana pembelajaran ini merupakan program kerja dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai,
  2. Mempersiapkan instrumen tes yang akan diujikan dalam tes dan mempersiapkan instrumen nontes yang berupa pedoman wawancara, lembar observasi, lembar jurnal,dan dokumentasi ketika pelaksanaan pembelajaran,
  3. Mempersiapkan pedoman penilaian untuk menilai tes membaca diagram yang akan diujikan,
  4. mempersiapkan media
  5. Berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru kelas VII yang mengajar bahasa Indonesia untuk memberikan kemudahan jalannya penelitian karena guru tersebut lebih mengetahui situasi dan kondisi siswa yang akan menjadi subjek penelitian serta bekerjasama dengan teman yang dipilih peneliti untuk membantu penelitian.
Tindakan
Dalam tahap ini dilakukan tindakan sesuai rencana yang telah ditetapkan atau disusun. Materi pelajarannya adalah membaca diagram melalui media pendekatan PAKEM dengan media overhead transparans. Tindakan ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, dan penutup.

Observasi
Observasi pada penelitian ini berkaitan dengan pengamatan peneliti tentang kegiatan siswa selama penelitian berlangsung yaitu tentang peristiwa yang berhubungan dengan pembelajaran, baik respons siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan PAKEM dengan media overhead transparans maupun aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Pengambilan data diperoleh dari data tes dan data nontes.

Refleksi
Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, dilakukan refleksi dengan menganalisis hasil tes dan nontes. Hasil tes dilakukan dengan cara menganalisis nilai hasil keterampilan membaca diagram siswa. Sedangkan analisis hasil nontes dilakukan dengan menganalisis hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto.

Demikian tadi uraian mengenai skripsi bahasa Indonesia berjudul PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DIAGRAM MELALUI PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA OVERHEAD TRANSPARANS PADA SISWA KELAS VII A semoga bermanfaat.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: